Rabu, 14 Februari 2018

contoh analisis SKL, KI, KD tema kurtilas






Perangkat Pembelajaran
ANALISIS SKL-KI-KD
KURIKULUM 2013



Nama Sekolah           :  

Kelas / Semester       :  VI (Enam) / 1

Nama Guru                 :  

 

2017



ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, DAN KD

Mata Pelajaran          : PPKn
Kelas/ Smt                   : VI (Enam)/ I
Tema 1                                    : Selamatkan Makhluk Hidup
Topik                           : Subtema 1 (Tubuhan Sumber Kehidupan)
                                      Pembelajaran 2

Domain
Standar Kompetensi Lulusan
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Lingkup Materi
Indikator
Aktivitas Belajar Siswa
untuk Mencapai  Kompetensi 
Teknik dan Bentuk Instrumen Penilaian
Sikap
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam di lingkungan rumah, sekolah, dan tempat bermain.


KI 1
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
1.1 Menghargai semangat
kebhinnekatunggalikaan dan
keragaman agama, suku
bangsa, pakaian tradisional,
bahasa, rumah adat, makanan
khas, dan upacara adat,
sosial, dan ekonomi dalam
kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara.



Penilaian diri
Pengamatan sikap
KI 2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
2.1 Menunjukkan perilaku
bertanggung jawab dan rela
berkorban dalam keluarga,
sekolah, dan lingkungan
sebagai perwujudan nilai
dan moral Pancasila.



Penilaian diri
Pengamatan sikap
Pengetahuan
Memiliki pengetahuan
Faktual, konseptual dan prosedural dalam
Ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian di lingkungan rumah, sekolah, dan tempat bermain
KI 3
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah, dan di tempat bermain
3.1 Memahami moralitas yang
terkandung dalam sila Pancasila
di rumah, sekolah, dan
lingkungan masyarakat sekitar.

• Menjelaskan nilai-nilai Pancasila
yang terkandung dalam
sila KeTuhanan Yang Maha
Esa dan sila Kemanusiaan
yang Adil dan Beradab.
• Memberikan contoh pelaksanaan
nilai-nilai Pancasila, yaitu
sila Ke-Tuhanan Yang Maha
Esa dan sila Kemanusiaan
yan Adil dan Beradab dalam
kehidupan sehari-hari.
MENGAMATI
1. Siswa Mengamati kelima Sila Pancasila.

MENANYA
2. Siswa melakukan diskusi dalam kelompok tentang nilai-nilai yang
terkandung dalam sila pertama dan sila kedua Pancasila.

MENCOBA
3. Siswa mencari 3 contoh perilaku/sikap lain dalam kehidupan sehari-hari yang
sesuai dengan nilai Pancasila, yaitu sila pertama dan kedua.

MENALAR
4. Siswa menuliskan tentang contoh perilaku/sikap lain dalam kehidupan sehari-hari yang
sesuai dengan nilai Pancasila


Lisan
Tertulis
Keterampilan
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang ditugaskan kepadanya.
KI 4
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritisdalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, serta
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
4.1 Memberikan contoh pelaksanaan
nilai-nilai dan moral Pancasila
dalam kehidupan seharihari
di lingkungan keluarga,
sekolah, dan masyarakat.



MENGKOMUNIKASIKAN
5. Siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
-    Unjuk kerja



Tidak ada komentar:

Entri yang Diunggulkan

Bismillah mulai lagi di tahun 2025

 Apakah kecerdasan AI seperti chat GPT mengambil sumber dari blog?