
Perangkat Pembelajaran
ANALISIS SKL-KI-KD
KURIKULUM 2013
|
Nama Sekolah :
Kelas
/ Semester : VI (Enam) / 1
Nama Guru :
2017
|
ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI,
DAN KD
Mata Pelajaran :
PPKn
Kelas/ Smt :
VI (Enam)/ I
Tema 1 :
Selamatkan Makhluk Hidup
Topik :
Subtema 1 (Tubuhan Sumber Kehidupan)
Pembelajaran 2
Domain
|
Standar
Kompetensi Lulusan
|
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
Lingkup
Materi
|
Indikator
|
Aktivitas
Belajar Siswa
untuk
Mencapai Kompetensi
|
Teknik
dan Bentuk Instrumen Penilaian
|
Sikap
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak
mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam di lingkungan rumah, sekolah,
dan tempat bermain.
|
KI 1
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1 Menghargai semangat
kebhinnekatunggalikaan dan
keragaman agama, suku
bangsa, pakaian tradisional,
bahasa, rumah adat, makanan
khas, dan upacara adat,
sosial, dan ekonomi dalam
kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara.
|
|
|
|
Penilaian diri
Pengamatan sikap
|
KI 2
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta
cinta tanah air
|
2.1 Menunjukkan perilaku
bertanggung jawab dan rela
berkorban dalam keluarga,
sekolah, dan lingkungan
sebagai perwujudan nilai
dan moral Pancasila.
|
|
|
|
Penilaian diri
Pengamatan sikap
|
||
Pengetahuan
|
Memiliki pengetahuan
Faktual, konseptual dan prosedural dalam
Ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan
budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian di lingkungan rumah, sekolah, dan
tempat bermain
|
KI 3
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah, dan di tempat bermain
|
3.1 Memahami moralitas yang
terkandung dalam sila Pancasila
di rumah, sekolah, dan
lingkungan masyarakat sekitar.
|
|
• Menjelaskan nilai-nilai Pancasila
yang terkandung dalam
sila KeTuhanan Yang Maha
Esa dan sila Kemanusiaan
yang Adil dan Beradab.
• Memberikan contoh pelaksanaan
nilai-nilai Pancasila, yaitu
sila Ke-Tuhanan Yang Maha
Esa dan sila Kemanusiaan
yan Adil dan Beradab dalam
kehidupan sehari-hari.
|
MENGAMATI
1. Siswa Mengamati kelima Sila Pancasila.
MENANYA
2. Siswa melakukan diskusi dalam kelompok tentang
nilai-nilai yang
terkandung dalam sila pertama dan sila kedua
Pancasila.
MENCOBA
3. Siswa mencari 3 contoh perilaku/sikap lain dalam
kehidupan sehari-hari yang
sesuai dengan nilai Pancasila, yaitu sila pertama dan
kedua.
MENALAR
4. Siswa menuliskan tentang contoh perilaku/sikap lain dalam kehidupan sehari-hari
yang
sesuai dengan nilai Pancasila
|
Lisan
Tertulis
|
Keterampilan
|
Memiliki
kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan
konkret sesuai dengan yang
ditugaskan kepadanya.
|
KI 4
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam
bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritisdalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, serta
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak
mulia.
|
4.1 Memberikan contoh pelaksanaan
nilai-nilai dan moral Pancasila
dalam kehidupan seharihari
di lingkungan keluarga,
sekolah, dan masyarakat.
|
|
|
MENGKOMUNIKASIKAN
5. Siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
|
- Unjuk kerja
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar