Senin, 15 Januari 2018

contoh laporan PPL

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar belakang
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mengarahkan guru untuk menguasai berbagai bidang keahlian yang harus dikuasai dan melatih guru agar dapat menerapkan cara-cara mengajar yang efektif dan efisien. PPL sangat penting karena problema dan tugas yang harus dilakukan oleh guru semakin berat dan diketahui bahwa tugas sebagai guru adalah merupakan pekerjaan profesi.
PPL sangat berguna dalam mematangkan dan memproses calon pendidik dalam jabatan yang akan disandangnya kelak sebagai tenaga pendidik dan pengelola lembaga pendidikan. dalam PPL, para praktikan dilatih melakukan kegiatan sebagai guru yang dibimbing, darahkan, dan dituntut oleh guru pamong dan dosen pembimbing. Para praktikan dituntut untuk berperan aktif dalam pelaksanaan PPL sehingga sukses menjadi pendidik, baik sebagai guru maupun peran lainnya.
Untuk mewujudkannya, Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, mewajibkan seluruh mahasiswa kualifikasi untuk melaksanakan PPL. Sebagian besar mahasiswa kualifikasi telah menjadi pendidik, sehingga pelaksanaan PPL dapat dilakukan di sekolah masing-masing atau sekolah terdekat agar tidak mengganggu tugas utama mereka yaitu sebagai guru. Oleh karena itu, saya melaksanakan kegiatan PPL di MTs. Al- Rohmah Karangpawitan Garut, karena sekolah tersebut tidak terlalu jauh dari tempat tinggal saya, sehingga mudah dijangkau.

B.     Tujuan dan kegunaan PPL
1.      Tujuan PPL ini diharapkan memberikan manfaat kepada mahasiswa sebagai calon guru, sehingga dapat :
a.       Mengetahui perencanaan pengajaran, KBM. Pengolahan kelas, teknik evaluasi pengajaran.
b.      Memperoleh gambaran yang jelas tentang gedung dan perlengkapan sekolah.
c.       Mengetahui komposisi personalia pendidikan disekolah yang bersangkutan.
d.      Mengetahui kegiatan kegiatan keagamaan.
e.       Mengetahui tentang pengorganisasian staf pengajar dan TU untuk kesejahteraan pegawai
f.       Mengikuti upacara dan kegiatan ekstrakurikuler.
g.      Mengetahui program BP/BK
h.      Mengetahui kegiatan osis
2.      Adapun kegiatan PPL ini dapat diuraikan sebagai berikut :
a.       Secara teoritis
1)      Diharapkan dapat memicu dalam upaya mengkaji, mendalami, mengembangkan, dan meningkatkan dunia pendidikan.
2)      Diharapkan mampu memberikan sumbangan pemikiran yang berharga bagi pendidikan untuk menambah khazanah intelektual bagi masyarakat akademis.
b.      Secara praktis
Penelitian ini mudah-mudahan dapat memberikan kontribusi yang positif bagi calon guru pada khususnya, sekolah dan lembaga-lembaga pendidikan umum lainnya untuk merevitalisasi kependidikan yang ada sekarang menuju sistem kependidikan yang lebih baik lagi.


BAB II
KONDISI OBJEKTIF SEKOLAH/MADRASAH

A. Kondisi Umum
1.      Gedung Sekolah dan Fasilitasnya
Madrasah Tsanawiyah Al-Rohmah terletak di jalan keramat Godog no 284. Berdiri sejak tahun 1968, Pada tahun pelajaran 2014 ini madrasah memiliki 11 ruang belajar. Selain ruang belajar di madrasah ini juga terdapat ruang-ruang lainnya seperti ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang TU, perpustakaan, gudang, WC siswa dan WC guru.
MTs Al Rohmah Memiliki 32 orang guru, yang terdiri dari 11 orang Pegawai Negeri Sipil dan 21 orang tenaga honorer. Adapun tenaga TU terdiri dari 5 orang dan 2 tenaga kepustakaan.

Pada saat kurikulum ini disusun, madrasah memiliki 729 siswa, yang terdiri dari kelas 7 sebanyak 278 orang, kelas 8 sebanyak 226, dan kelas 9 sebanyak 225 orang.

2.      Struktur Guru dan Pegawai Sekolah


3.      Organisasi Sekolah
3.1.OSIS
Organisasi siswa intra sekolah di MTs. Al-Rohmah dibentuk kepengurusan yang terdiri dari siswa-siswi MTs. Al Rohmah dan diadakan pemilihan ketua OSIS setiap setahun sekali dimana kelas IX yang menjabat sebagai ketua OSIS ketika akan melaksanakan ujian maka harus sudah diganti dengan siswa juniornya.
Kegiatan-kegiatan OSIS meliputi
-          Pembentukan kepengurusan OSIS
-          Masa Orientasi Siswa Baru
-          Kegiatan peringatan hari-hari besar nasional
-          Kegiatan peringatan hari-hari besar Islam
-          Kerja bakti sosial
-          Kegiatan festival marching band
-          Kegiatan lomba-lomba antar kelas
-          Kegiatan lomba-lomba antar sekolah
3.2.Dewan/Komite Sekolah
Dewan Komite Sekolah MTs. Al Rohmah terdiri dari unsur masyarakat sekitar dan unsur orang tua murid. Tugas Komite Sekolah adalah untuk mengawasi kebijakan-kebijakan sekolah sehingga sesuai dengan kepentingan masyarakat sekitar dan orang tua murid. Komite sekolah juga merupakan sarana komunikasi antara sekolah dengan orang tua murid dan masyarakat.
Daftar kepengurusan Dewan/Komite Sekolah MTs. Al Rohmah sebagai berikut :
-          Ketua        : Drs. Jajang Burhanudin
-          Anggota    : M. Sadeli
Lili Romli
Mamat Hikmat
Drs. Anwar Azmi
A. Saca Moh. Toha
Ujang Kholil




4.      Kegiatan Ekstra Kurikuler Sekolah
Kegiatan ekstra kurikuler di MTs. Al Rohmah dimaksudkan untuk menyalurkan minat dan bakat siswa, serta untuk membentuk karakter kepribadian siswa yang mandiri dan disiplin.
Kegiatan ekstra kurikuler di MTs. Al Rohmah meliputi : Pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), Majelis Permusyawarahan Kelas (MPK), Petuga Keamanan Sekolah (PKS), Marching Band, Boxer dan Keputrian.
Setiap siswa diarahkan untuk memilih mengikuti satu atau beberapa kegiatan ekstara kurikuler. Kegiatan Ekstra Kurikuler dilaksanakan setiap hari Jum’at, sabtu dan hari-hari tertentu ketika tidak berlangsung pelajaran.

5.      Rapat Sekolah
Rapat Sekolah terdiri dari rapat rutin dan rapat kondisional. Rapat rutin meliputi rapat tahunan diantaranya rapat awal tahun tentang penerimaan siswa baru, pengaturan jadwal pelajaran. Rapat akhir tahun diantaranya penentuan kelulusan siswa dan acara pelepasan siswa. Rapat kondisional meliputi rapat mengenai UAS dan UKK, dan rapat untuk kondisi-kondisi tertentu.
Rapat Sekolah dihadiri oleh Kepala Tsanawiyah, guru, tenaga kependidikan, Komite madrasah dan yayasan. Beberapa rapat juga melibatkan orang tua murid.

6.      Sistem Kesejahteraan Sekolah
Kesejahteraan Sekolah diambil dari dana BOS dan sumbangan sukarela orang tua siswa. Kesejahteraan sekolah meliputi anggaran untuk pembayaran honor guru dan tenaga kependidikan, pemeliharaan bangunan sekolah dan kegiatan-kegiatan sekolah.
Anggaran Madrasah disusun bersama dan memiliki laporan pertanggungjawaban yang transparan.
B. Kondisi Khusus Pembelajaran
Mts. Al Rohmah memiliki 19 rombel siswa dan 12 bangunan kelas, sehingga terdapat kekurangan bangunan kelas sehingga pembelajaran dilaksanakan pagi dan siang. Pembelajaran kelas VIII dan kelas IX dilaksanakan pagi hari, sedangkan kelas VII dilaksanakan siang hari.
Proses Pembelajaran dilaksanakan dengan mengacu pada kurikulum pemerintah dan mulok dari sekolah, dan setiap kelas dilaksanakan uji coba pendekatan pembelajaran yang berbeda, disesuaikan kondisi siswa untuk memperoleh hasil yang terbaik.


BAB III
TEMUAN DAN PEMBAHASAN

A.    Temuan
1.      Temuan Umum
Beberapa hal yang menarik bagi saya sebagai praktikan di sekolah yang merupakan tempat saya belajar dulu dengan murud-murid yang baru saya kenal, guru-guru yang sebagian saya kenal. MTs. Al Rohmah merupakan sekolah yang memiliki jumlah siswa banyak, dengan peningkatan jumlah siswanya yang pesat setiap tahunnya. Dengan jumlah guru yang banyak membuat saya selalu belajar cara komunikasi dengan mereka.

2.      Temuan Khusus
a.       Guru Matematika
Guru matematika di MTs Al Rohmah ada yang sudah tersertifikasi. Jumlah guru matematika di MTs Al Rohmah ada 3 orang.
1.      Dra. Rokayah, M.Pd
2.      Iip Hanif M., S.Pd
3.      Nunung Komariah, S.Pd

b.      Masalah waktu pembelajaran yang tidak cukup
Praktikan mengajar di kelas VII F yang pelaksanaan pembelajarannya dari pukul 12.30 – 17.00, pelajaran matematika di hari kamis berada di jam terakhir sehingga waktunya disesuaikan dengan kondisi. saya sebagai seorang praktikan yang masih belajar, belum bisa menggunakan waktu secara efektif dan efesien.

c.       Masalah-masalah dalam Pembelajaran Matematika
Dari hasil pengamatan dan dari pengalaman yang dirasakan praktikan setelah mengajar, ada beberapa hal yang dapat disimpulkan tentang pembelajaran matematika, yaitu kemampuan siswa dalam belajar tidak merata, siswa perempuan lebih mudah memahami pelajaran dibandingkan dengan siswa laki-laki.

d.      Kegiatan yang diikuti
1)      Setiap hari selasa merupakan hari piket guru pamong sehingga saya banyak belajar dar guru pamong
2)      mengikuti kegiatan Intra sekolah dan ekstra kurikuler seperti membina keputrian

B.     Pembahasan
1.      Temuan Umum
MTs Al Rohmah merupakan salah satu sekolah yang berbasis islam, waktu istirahat pembelajaran waktu siang bertepatan dengan shalat ashar. Para siswa melakasanakan shalat berjamaah bertujuan melatih siswa untuk mengutamakan shalat berjamaah.
MTs. Al Rohmah merupakan sekolah yang sudah mapan, sehingga ada beberapa hal yang membuat praktikan merasa tertarik diantaranya :
-          MTs. Al Rohmah telah menggunakan CCTV di setiap kelas sehingga aktivitas siswa terkontrol oleh kepala sekolah sebagai pengawas monitor.
-          Apabila dalam pembelajaran tidak ada guru, kepala sekolah langsung menanyakan kepada siswa pelajaran apa yang sedang berlangsung. kemudia kepala sekolah mencari guru tersebut dan apabila tidak ada, maka kepala sekolah langsung mengkondisikannya.
-          Setiap kelas menggunakan pendekatan yang berbeda, kelas VII A – VII C menggunakan pendekatan Audio, kelas VII D – VII F menggunakan pendekatan visual dan kelas VIII G menggunakan pendekatan Kinetis


2.      Temuan Khusus
a.       Guru Matematika
Guru pamong matematika memiliki alat peraga yang sangat lengkapa dan kreatif hal ini dikarenakan adanya pengarahan dan pengawasan yang ketat dari kepla sekolah.
b.      Masalah waktu
Agar waktu dalam pembelajaran menjadi lebih efektif dan efesien maka saya sebagai guru praktikan mendapat masukan dari guru pamong yaitu harus mengelola matematika dengan kreatif, contoh dengan mengajarkan satu materi cukup dengan satu latihan.
c.       Masalah dalam pembelajaran matematika
Agar siswa merata dalam pemahaman pelajaran maka perlu digunakan metode yang tepat.



BAB IV
PENUTUP

PPL yang dilaksanakan di MTs. Al Rohmah berjalan dengan lancar. Kepala sekolah, staf guru dan para siswanya pun menyambut dengan penuh keramahan. Meskipun, banyak kekurangan yang dimiliki praktikan.
Hasil dari pembelajaran semoga dapat kami jadikan bahan kebaikan saya yang telah menuntut ilmu praktik pengajaran di MTs Al rohmah. Kami menyadari bahwa kami jauh dari harapan pihak sekolah sebagai guru PPL yang belum bisa memberikan ilmu yang lebih kepada para peserta didik di MTs Al Rohmah, tapi saya yakin dengan penuh harapan telah memberikan yang terbaik apa yang telah saya ajarkan kepada para siswa-siswi MTs Rohmah ini.
Semoga MTs. Al Rohmah dapat melengkapi jumlah bangunan kelas sehingga seluruh siswa dapat belajar di pagi hari agar pemebelajaran lebih efektif dan efesien.
Demikian laporan kegiatan PPL yang saya laporkan semoga bisa bermanfaat bagi sekolah dan bagi kami sebagai guru PPL yang telah menimba ilmu di MTs Al Rohmah.

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)  ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya.
Laporan PPL ini berisikan tentang informasi mengenai hasil pelaksanaan PPL di MTs Al Rohmah. Diharapkan laporan ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua.
Kami menyadari bahwa Laporan PPL ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan laporan ini.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan laporan ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.

Garut, Mei 2014
Penyusun


Arif Sulaiman

DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
BAB I PENDAHULUAN 1
A Latar Belakang 1
B Tujuan dan Kegunaan 1
BAB II KONDISI OBJEKTIF SEKOLAH 3
A Kondisi Gedung 3
B Kondisi Khusus pembelajaran 9
BAB III TEMUAN DAN PEMBHASAN 10
A Temuan 10
B Pembahasan 11
BAB IV PENUTUP 13
LAMPIRAN-LAMPIRAN

LAPORAN KEGIATAN
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN
MTs AL ROHMAH

Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas PPL






Oleh :
Arif Sulaiman
1211205104
Prodi Pendidikan Matematika






FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2014

Foto Kegiatan


Tidak ada komentar:

Entri yang Diunggulkan

Bismillah mulai lagi di tahun 2025

 Apakah kecerdasan AI seperti chat GPT mengambil sumber dari blog?