BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) mengarahkan guru untuk menguasai berbagai bidang
keahlian yang harus dikuasai dan melatih guru agar dapat menerapkan cara-cara
mengajar yang efektif dan efisien. PPL sangat penting karena problema dan tugas
yang harus dilakukan oleh guru semakin berat dan diketahui bahwa tugas sebagai
guru adalah merupakan pekerjaan profesi.
PPL
sangat berguna dalam mematangkan dan memproses calon pendidik dalam jabatan
yang akan disandangnya kelak sebagai tenaga pendidik dan pengelola lembaga
pendidikan. dalam PPL, para praktikan dilatih melakukan kegiatan sebagai guru
yang dibimbing, darahkan, dan dituntut oleh guru pamong dan dosen pembimbing.
Para praktikan dituntut untuk berperan aktif dalam pelaksanaan PPL sehingga
sukses menjadi pendidik, baik sebagai guru maupun peran lainnya.
Untuk
mewujudkannya, Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
Bandung, mewajibkan seluruh mahasiswa kualifikasi untuk melaksanakan PPL.
Sebagian besar mahasiswa kualifikasi telah menjadi pendidik, sehingga
pelaksanaan PPL dapat dilakukan di sekolah masing-masing atau sekolah terdekat
agar tidak mengganggu tugas utama mereka yaitu sebagai guru. Oleh karena itu,
saya melaksanakan kegiatan PPL di MTs. Al- Rohmah Karangpawitan Garut, karena
sekolah tersebut tidak terlalu jauh dari tempat tinggal saya, sehingga mudah
dijangkau.
B.
Tujuan dan kegunaan PPL
1.
Tujuan
PPL ini diharapkan memberikan manfaat kepada mahasiswa sebagai calon guru,
sehingga dapat :
a.
Mengetahui
perencanaan pengajaran, KBM. Pengolahan kelas, teknik evaluasi pengajaran.
b.
Memperoleh
gambaran yang jelas tentang gedung dan perlengkapan sekolah.
c.
Mengetahui
komposisi personalia pendidikan disekolah yang bersangkutan.
d.
Mengetahui
kegiatan kegiatan keagamaan.
e.
Mengetahui
tentang pengorganisasian staf pengajar dan TU untuk kesejahteraan pegawai
f.
Mengikuti
upacara dan kegiatan ekstrakurikuler.
g.
Mengetahui
program BP/BK
h.
Mengetahui
kegiatan osis
2.
Adapun
kegiatan PPL ini dapat diuraikan sebagai berikut :
a.
Secara
teoritis
1)
Diharapkan
dapat memicu dalam upaya mengkaji, mendalami, mengembangkan, dan meningkatkan
dunia pendidikan.
2)
Diharapkan
mampu memberikan sumbangan pemikiran yang berharga bagi pendidikan untuk
menambah khazanah intelektual bagi masyarakat akademis.
b.
Secara
praktis
Penelitian ini
mudah-mudahan dapat memberikan kontribusi yang positif bagi calon guru pada
khususnya, sekolah dan lembaga-lembaga pendidikan umum lainnya untuk
merevitalisasi kependidikan yang ada sekarang menuju sistem kependidikan yang lebih
baik lagi.
BAB
II
KONDISI
OBJEKTIF SEKOLAH/MADRASAH
A. Kondisi Umum
1.
Gedung
Sekolah dan Fasilitasnya
Madrasah
Tsanawiyah Al-Rohmah terletak di jalan keramat Godog no 284. Berdiri sejak
tahun 1968, Pada tahun pelajaran 2014 ini madrasah memiliki 11 ruang belajar.
Selain ruang belajar di madrasah ini juga terdapat ruang-ruang lainnya seperti
ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang TU, perpustakaan, gudang, WC siswa dan
WC guru.
MTs Al
Rohmah Memiliki 32 orang guru, yang terdiri dari 11 orang Pegawai Negeri Sipil
dan 21 orang tenaga honorer. Adapun tenaga TU terdiri dari 5 orang dan 2 tenaga
kepustakaan.
Pada
saat kurikulum ini disusun, madrasah memiliki 729 siswa, yang terdiri dari
kelas 7 sebanyak 278 orang, kelas 8 sebanyak 226, dan kelas 9 sebanyak 225
orang.
2.
Struktur
Guru dan Pegawai Sekolah
3.
Organisasi
Sekolah
3.1.OSIS
Organisasi
siswa intra sekolah di MTs. Al-Rohmah dibentuk kepengurusan yang terdiri dari
siswa-siswi MTs. Al Rohmah dan diadakan pemilihan ketua OSIS setiap setahun
sekali dimana kelas IX yang menjabat sebagai ketua OSIS ketika akan
melaksanakan ujian maka harus sudah diganti dengan siswa juniornya.
Kegiatan-kegiatan
OSIS meliputi
-
Pembentukan
kepengurusan OSIS
-
Masa
Orientasi Siswa Baru
-
Kegiatan
peringatan hari-hari besar nasional
-
Kegiatan
peringatan hari-hari besar Islam
-
Kerja
bakti sosial
-
Kegiatan
festival marching band
-
Kegiatan
lomba-lomba antar kelas
-
Kegiatan
lomba-lomba antar sekolah
3.2.Dewan/Komite Sekolah
Dewan Komite Sekolah MTs. Al Rohmah terdiri dari unsur masyarakat
sekitar dan unsur orang tua murid. Tugas Komite Sekolah adalah untuk mengawasi
kebijakan-kebijakan sekolah sehingga sesuai dengan kepentingan masyarakat
sekitar dan orang tua murid. Komite sekolah juga merupakan sarana komunikasi
antara sekolah dengan orang tua murid dan masyarakat.
Daftar kepengurusan Dewan/Komite Sekolah MTs. Al Rohmah sebagai
berikut :
-
Ketua : Drs. Jajang Burhanudin
-
Anggota : M. Sadeli
Lili Romli
Mamat Hikmat
Drs. Anwar Azmi
A. Saca Moh. Toha
Ujang Kholil
4.
Kegiatan
Ekstra Kurikuler Sekolah
Kegiatan ekstra kurikuler di MTs. Al Rohmah dimaksudkan untuk
menyalurkan minat dan bakat siswa, serta untuk membentuk karakter kepribadian
siswa yang mandiri dan disiplin.
Kegiatan ekstra kurikuler di MTs. Al Rohmah meliputi : Pramuka,
Palang Merah Remaja (PMR), Majelis Permusyawarahan Kelas (MPK), Petuga Keamanan
Sekolah (PKS), Marching Band, Boxer dan Keputrian.
Setiap siswa diarahkan untuk memilih mengikuti satu atau beberapa
kegiatan ekstara kurikuler. Kegiatan Ekstra Kurikuler dilaksanakan setiap hari
Jum’at, sabtu dan hari-hari tertentu ketika tidak berlangsung pelajaran.
5.
Rapat
Sekolah
Rapat Sekolah terdiri dari rapat rutin dan rapat kondisional. Rapat
rutin meliputi rapat tahunan diantaranya rapat awal tahun tentang penerimaan
siswa baru, pengaturan jadwal pelajaran. Rapat akhir tahun diantaranya
penentuan kelulusan siswa dan acara pelepasan siswa. Rapat kondisional meliputi
rapat mengenai UAS dan UKK, dan rapat untuk kondisi-kondisi tertentu.
Rapat Sekolah dihadiri oleh Kepala Tsanawiyah, guru, tenaga
kependidikan, Komite madrasah dan yayasan. Beberapa rapat juga melibatkan orang
tua murid.
6.
Sistem
Kesejahteraan Sekolah
Kesejahteraan Sekolah diambil dari dana BOS dan sumbangan sukarela
orang tua siswa. Kesejahteraan sekolah meliputi anggaran untuk pembayaran honor
guru dan tenaga kependidikan, pemeliharaan bangunan sekolah dan
kegiatan-kegiatan sekolah.
Anggaran Madrasah disusun bersama dan memiliki laporan
pertanggungjawaban yang transparan.
B. Kondisi
Khusus Pembelajaran
Mts. Al Rohmah memiliki 19 rombel
siswa dan 12 bangunan kelas, sehingga terdapat kekurangan bangunan kelas
sehingga pembelajaran dilaksanakan pagi dan siang. Pembelajaran kelas VIII dan
kelas IX dilaksanakan pagi hari, sedangkan kelas VII dilaksanakan siang hari.
Proses Pembelajaran dilaksanakan
dengan mengacu pada kurikulum pemerintah dan mulok dari sekolah, dan setiap
kelas dilaksanakan uji coba pendekatan pembelajaran yang berbeda, disesuaikan
kondisi siswa untuk memperoleh hasil yang terbaik.
BAB
III
TEMUAN
DAN PEMBAHASAN
A.
Temuan
1.
Temuan Umum
Beberapa hal yang menarik bagi saya
sebagai praktikan di sekolah yang merupakan tempat saya belajar dulu dengan
murud-murid yang baru saya kenal, guru-guru yang sebagian saya kenal. MTs. Al
Rohmah merupakan sekolah yang memiliki jumlah siswa banyak, dengan peningkatan
jumlah siswanya yang pesat setiap tahunnya. Dengan jumlah guru yang banyak
membuat saya selalu belajar cara komunikasi dengan mereka.
2.
Temuan Khusus
a.
Guru
Matematika
Guru matematika di MTs Al Rohmah ada yang sudah tersertifikasi.
Jumlah guru matematika di MTs Al Rohmah ada 3 orang.
1.
Dra.
Rokayah, M.Pd
2.
Iip
Hanif M., S.Pd
3.
Nunung
Komariah, S.Pd
b.
Masalah
waktu pembelajaran yang tidak cukup
Praktikan
mengajar di kelas VII F yang pelaksanaan pembelajarannya dari pukul 12.30 –
17.00, pelajaran matematika di hari kamis berada di jam terakhir sehingga
waktunya disesuaikan dengan kondisi. saya sebagai seorang praktikan yang masih
belajar, belum bisa menggunakan waktu secara efektif dan efesien.
c.
Masalah-masalah
dalam Pembelajaran Matematika
Dari
hasil pengamatan dan dari pengalaman yang dirasakan praktikan setelah mengajar,
ada beberapa hal yang dapat disimpulkan tentang pembelajaran matematika, yaitu
kemampuan siswa dalam belajar tidak merata, siswa perempuan lebih mudah
memahami pelajaran dibandingkan dengan siswa laki-laki.
d.
Kegiatan
yang diikuti
1)
Setiap
hari selasa merupakan hari piket guru pamong sehingga saya banyak belajar dar
guru pamong
2)
mengikuti
kegiatan Intra sekolah dan ekstra kurikuler seperti membina keputrian
B.
Pembahasan
1.
Temuan Umum
MTs Al Rohmah merupakan salah satu sekolah yang berbasis islam, waktu
istirahat pembelajaran waktu siang bertepatan dengan shalat ashar. Para siswa
melakasanakan shalat berjamaah bertujuan melatih siswa untuk mengutamakan
shalat berjamaah.
MTs. Al Rohmah merupakan sekolah yang sudah mapan, sehingga ada
beberapa hal yang membuat praktikan merasa tertarik diantaranya :
-
MTs.
Al Rohmah telah menggunakan CCTV di setiap kelas sehingga aktivitas siswa
terkontrol oleh kepala sekolah sebagai pengawas monitor.
-
Apabila
dalam pembelajaran tidak ada guru, kepala sekolah langsung menanyakan kepada
siswa pelajaran apa yang sedang berlangsung. kemudia kepala sekolah mencari
guru tersebut dan apabila tidak ada, maka kepala sekolah langsung
mengkondisikannya.
-
Setiap
kelas menggunakan pendekatan yang berbeda, kelas VII A – VII C menggunakan
pendekatan Audio, kelas VII D – VII F menggunakan pendekatan visual dan kelas
VIII G menggunakan pendekatan Kinetis
2.
Temuan Khusus
a.
Guru
Matematika
Guru
pamong matematika memiliki alat peraga yang sangat lengkapa dan kreatif hal ini
dikarenakan adanya pengarahan dan pengawasan yang ketat dari kepla sekolah.
b.
Masalah
waktu
Agar
waktu dalam pembelajaran menjadi lebih efektif dan efesien maka saya sebagai
guru praktikan mendapat masukan dari guru pamong yaitu harus mengelola
matematika dengan kreatif, contoh dengan mengajarkan satu materi cukup dengan
satu latihan.
c.
Masalah
dalam pembelajaran matematika
Agar
siswa merata dalam pemahaman pelajaran maka perlu digunakan metode yang tepat.
BAB
IV
PENUTUP
PPL
yang dilaksanakan di MTs. Al Rohmah berjalan dengan lancar. Kepala sekolah,
staf guru dan para siswanya pun menyambut dengan penuh keramahan. Meskipun, banyak
kekurangan yang dimiliki praktikan.
Hasil
dari pembelajaran semoga dapat kami jadikan bahan kebaikan saya yang telah
menuntut ilmu praktik pengajaran di MTs Al rohmah. Kami menyadari bahwa kami
jauh dari harapan pihak sekolah sebagai guru PPL yang belum bisa memberikan
ilmu yang lebih kepada para peserta didik di MTs Al Rohmah, tapi saya yakin
dengan penuh harapan telah memberikan yang terbaik apa yang telah saya ajarkan
kepada para siswa-siswi MTs Rohmah ini.
Semoga
MTs. Al Rohmah dapat melengkapi jumlah bangunan kelas sehingga seluruh siswa
dapat belajar di pagi hari agar pemebelajaran lebih efektif dan efesien.
Demikian
laporan kegiatan PPL yang saya laporkan semoga bisa bermanfaat bagi sekolah dan
bagi kami sebagai guru PPL yang telah menimba ilmu di MTs Al Rohmah.
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta
karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Laporan Praktek
Pengalaman Lapangan (PPL) ini yang
alhamdulillah tepat pada waktunya.
Laporan
PPL ini berisikan tentang informasi mengenai hasil pelaksanaan PPL di MTs Al
Rohmah. Diharapkan laporan ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua.
Kami
menyadari bahwa Laporan PPL ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu
kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan
demi kesempurnaan laporan ini.
Akhir
kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta
dalam penyusunan laporan ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT
senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.
Garut, Mei 2014
Penyusun
Arif Sulaiman
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR
i
DAFTAR ISI
ii
BAB I PENDAHULUAN
1
A Latar
Belakang
1
B Tujuan dan
Kegunaan
1
BAB II KONDISI OBJEKTIF SEKOLAH
3
A Kondisi
Gedung
3
B Kondisi
Khusus pembelajaran
9
BAB III TEMUAN DAN PEMBHASAN
10
A Temuan
10
B Pembahasan
11
BAB IV PENUTUP
13
LAMPIRAN-LAMPIRAN
LAPORAN
KEGIATAN
PRAKTEK
PENGALAMAN LAPANGAN
MTs AL
ROHMAH
Diajukan Untuk
Memenuhi Salah Satu Tugas PPL
Oleh :
Arif Sulaiman
1211205104
Prodi Pendidikan Matematika
FAKULTAS
TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI
SUNAN GUNUNG
DJATI
BANDUNG
2014
Foto
Kegiatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar